BURSA INOVASI DESA KECAMATAN WONOSALAM

Bursa Inovasi Desa Kec. Wonosalam

​​Wonosalam.com. Pemerintah Kecamatan Wonosalam melalui Tim Pelaksana Inovasi Desa tingkat kecamatan melakukan kegiatan bursa inovasi yang bisa dikembangkan oleh desa di seluruh kecamatan wonosalam pada hari Kamis (25/07/2019) di aula kecamatan.

​kegiatan yang dihadiri oleh Tim Inovasi Kabupaten (TiK) dan Kepala Desa, ketua BPD serta seluruh Bidan Desa se Kecamatan Wonosalam ini menekankan pentingnya solusi alternatif bagi pembangunan didesa yang lebih efektif dan inovatif.

​Acara diawali dengan penyampaian laporan kegiatan oleh Ketua TPID kecamatan wonosalam sdr. Suyanto bahwa kegiatan bursa inovasi desa adalah program pemerintah pusat untuk menjadi bekal bagi pemerintah desa dalam mewujudkan pembangunan di desa, setiap peserta dibekali kartu ide dan kartu komitmen yang memiliki potensi memadai untuk diterapkan. ​melalui kartu ide dan komitmen tersebut diharapkan pemerintah desa dapat merencanakan usulan inovasi pada saat musyawarah RKP desa atau musdes perencanaan kerja pada tahun berikutnya.

​dalam kegiatan tersebut ditayangkan beberapa capture inovasi yang sudah diciptakan oleh beberapa desa yang sudah melakukan pembangunaan di desa secara kreatif, meliputi bidang insfrastruktur, bidang pengembangan ekonomi dan bidang pemberdayaan masyarakat.

​Sementara itu Camat Wonosalam Dra Sri Utami menyebutkan, diperlukan keseriusan dan kolaborasi inovasi yang kreatif, supaya desa bisa berkembang, dan mampu bersaing mengembangkan ekonomi desa. Sehingga dapat mengatasi angka gizi buruk yaitu Stunting maka diperlukan keseriusan dalam program ini.

​” Jangan sampai anggaran yang sudah dikucurkan oleh pemerintah kepada desa menjadi sia sia, harus bisa dimanfaatkan seefektif mungkin disusun di APBDes dengan cara mencari inovasi yang bisa dikembangkan di desa “. ujarnya.(sm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *