PEMICUAN DESA STBM (SANITASI TOTAL BERBASI MASYARAKAT) DESA MOJODEMAK KECAMATAN WONOSALAM KABUPATEN DEMAK

PEMICUAN DESA STBM
(SANITASI TOTAL BERBASI MASYARAKAT)
DESA MOJODEMAK KECAMATAN WONOSALAM KABUPATEN DEMAK

Demak, 7 Agustus 2019

Tantangan Pembangunan Sanitasi di Indonesia adalah masalah sosial budaya dan perilaku penduduk yang terbiasa buang air besar (BAB) di sembarang tempat khususnya ke badan air yang juga di gunakan untuk mencuci, mandi, dan kebutuhan higienis lainnya. Pemerintah Indonesia telah melakukan upaya-upaya peningkatan akses sanitasi yang bersih.

Pelaksanaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di desa mojodemak kecamatan wonosalam kabupaten demak adalah suatu pendekatan partisipatif yang mengajak masyarakat untuk menganalisa kondisi sanitasi mereka melalui suatu proses pemicuan, sehingga masyarakat dapat berpikir dan mengambil tindakan untuk meninggalkan kebiasaan buang air besar mereka yang masih di tempat terbuka dan sembarang tempat.

Kegiatan ini di laksanakan pada hari rabu tanggal 7 agustus 2019, bertempat di balaidesa mojodemak dan langsung di pandu oleh Puskesmas Wonosalam 1 yang di ikuti oleh Kader posyandu, tokoh masyarakat, tokoh agama, Karang taruna dan TKSK Kecamatan wonosalam Wonosalam

Dalam kegiatan ini Pendekatan yang dilakukan dalam STBM menimbulkan rasa malu kepada masyarakat tentang kondisi lingkungannya yang buruk dan timbul kesadaran akan kondisi yang sangat tidak bersih dan tidak nyaman di timbulkan.

Dari pendekatan ini juga ditimbulkan kesadaran bahwa sanitasi (kebisaan BAB di sembarang tempat) adalah masalah bersama karena dapat berakibat kepada semua masyarakat sehingga pemecahannya juga harus dilakukan dan dipecahkan secara bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *